Download Kerangka Proposal Skripsi | STMIK BANJARBARU

15 Februari 2012

Download Kerangka Proposal Skripsi

Alhamdulillah setelah mendapatkan pengarahan skripsi oleh Ibu Rulliah, sedikit mendapat pencerahan dari beliau tentang cara penulisan kerangka proposal skripsi yang benar. Pengarahan skripsi yang saya anggap juga sebagai kuliah singkat dari Ibu Ruliah kemarin (Selasa, 14 Februari 2012), banyak memberikan masukan kepada kami (mahasiswa) yang mengambil skripsi pada semester ini.

Silahkan download semoga bisa bermanfaat.



Kutipan singkat dari blognya Ibu Ruliah http://rullychandra.wordpress.com/ :

Ketika mendengar kata SKRIPSI dalam benak mahasiswa selalu terbayang suatu proses yang sulit, seram, menakutkan dan memakan waktu lama, sebenarnya SKRIPSI hanya salah satu mata kuliah dengan bobot SKS (pada STMIK Banjarbaru = 6 SKS), tetapi SKRIPSI memang istimewa karena merupakan pintu gerbang untuk menjadi SARJANA, jika lulus SKRIPSI tinggal nunggu WISUDA.

SKRIPSI untuk Jurusan Sistem Informasi dan Jurusan Teknik Informatika pada STMIK Banjarbaru biasanya berupa pembuatan suatu perangkat lunak untuk keperluan tertentu atau untuk menyelesaikan masalah pada institusi tertentu pula, tetapi tidak menutup kemungkinan pula berupa pembuatan perangkat keras, studi literature atau hanya berupa perancangan perangkat lunak saja.

Dalam pembuatan SKRIPSI untuk STMIK Banjarbaru dibatasi hanya SATU SEMESTER saja tujuannya agar mahasiswa cepat selesai dan menjadi sarjana, tetapi pada kenyataan tidak semua mahasiswa dapat menyelesaikan dalam waktu SATU SEMESTER, dengan demikian ada perpanjangan waktu maka secara otomatis waktu studi menjadi lebih lama.

Faktor Penghambat dalam penyelesaian SKRIPSI antara lain :
1. Kurangnya motivasi dalam diri mahasiswa yang bersangkutan.
2. Kemampuan akademik yang kurang
3. Sulitnya mencari literature atau materi yang diperlukan
4. Bisa saja faktor pembimbing yang sulit ditemui.

Hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa untuk SKRIPSI antara lain :
1. Pikirkan Judul / Topik
2. Ketahui tentang Prosedur Skripsi

PENGGALIAN IDE
Pencarian judul skripsi merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah. Meskipun demikian ada beberapa cara yang patut dicoba untuk membantu mendapatkan ide skripsi antara lain :
1. Skripsi yang sudah ada sebelumnya
2. Dosen atau teman
3. Pengembangan atau Implementasi materi kuliah
4. Internet

Tulisan kiriman dari :
Herry Primadoni - SI 2007 

Senang bisa berbagi.

 
banner