Hasil Pertandingan Piala Thomas dan Piala Uber Indonesia

19 Februari 2012

Hasil Pertandingan Piala Thomas dan Piala Uber Indonesia

Tim Thomas Cup Indonesia
Berikut ini adalah hasil pertandingan dari piala Thomas dan piala Uber Indonesia, yang berlangsung di Macau. Tim Piala Thomas Indonesia gagal melaju ke final.

Taufik Hidayat dkk gagal melaju ke putran final babak kualifikasi Thomas and Uber Cup 2012. Tim Thomas Indonesia harus mengakui kehebatan sang lawan China dengan skor 3-0.
Tim Thomas Indonesia akhirnya menepati posisi ketiga dalam kualifikasi Piala Thomas Uber 2012 zona Asia usai mengalahkan Malaysia pada babak perebutan peringkat 3-4. Bertanding di Macau Forum, Macau, Cina, Sabtu (18/2/12), Indonesia tertinggal terlebih dahulu 0-2, sebelum akhirnya menyalip dan merebut kemenangan 3-2.
Pada pertandingan Sabtu, Malaysia yang sudah lolos ke putaran final sepertinya tidak terlalu memikirkan perolehan peringkat. Hal itu terlihat dari tidak masuknya pemain nomor satu dunia Lee Choong Wei dalam 'starting list' tim Thomas negeri Jiran tersebut, bahkan Malaysia terlihat meremehkan pertandingan karena menurunkan pemain spesialis ganda, Koo Kien Keat di nomor tunggal pada partai terakhir.
Malaysia menurunkan pemain mudanya Darren Liew di partai pertama untuk menghadapi Simon Santoso. Partai pertama ini tidak berlangsung lama, hanya berjalan selama empat menit. Tunggal pertama Indonesia tersebut tidak melanjutkan pertandingan karena pergelangan kaki kanannya sakit. Pemain peringkat 10 dunia tersebut berhenti saat tertinggal 2-7.
Simon mengaku dia memilih berhenti karena tidak sanggup menahan sakit kakinya. Menurut dia, dirinya mendapatkan cedera tersebut sejak babak perempatfinal lalu. "Ketika akan latihan untuk semifinal ketariknya. makanya saya tidak main pas semifinal kemarin," ujar Simon melalui surat elektronik.
Kalahnya ganda Indonesia Alvent Yulianto/Hendra AG yang turun di partai kedua semakin memberikan keunggulan Malaysia 0-2. Ganda peringkat 10 dunia tersebut tunduk di tangan pasangan muda Malaysia Goh V Shem/Hoon Thien How straight game 14-21, 18-21.
Partai ketiga menjadi titik balik Indonesia setelah Tommy Sugiarto mengatasi Abdul Latif Mohamad Arif dengan skor 21-15, 21-7 dalam waktu yang cukup singkat 31 menit. Indonesia pun mengejar ketertinggalan 1-2. Kemenangan tersebut semakin memperlebar rekor keunggulan Tommy atas tunggal peringkat 52 dunia tersebut yakni lima kali kemenangan dari lima pertemuan.
Tim Thomas Merah Putih menyamakan kedudukan 2-2 setelah Markis Kido/Hendra Setiawan mampu mengatasi pasangan Lim Khim Wah/ Teo Kok Siang 21-16, 21-13. Ganda peraih emas Olimpiade 2008 itu tidak menemui kesulitan untuk mengatasi ganda Muda Malaysia yang belum memiliki peringkat dunia tersebut.
Dionysium Hayom Rumbaka pun akhirnya menutup kemenangan 3-2 untuk Merah Putih usai menjalani partai "main-main" melawan Koo Kien Keat. Partai tersebut terasa "main-main" karena lawan yang dihadapi Hayom tersebut merupakan pemain spesialis ganda dan belum pernah turun di sektor tunggal. Hayom pun hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mengatasi Kien Keat 21-8, 21-9.
Menanggapi lawan tandingnya, Hayom mengaku tidak merasa diremehkan. Menurut dia, pemilihan pemain yang dilakukan Malaysia tersebut wajar, karena pasalnya Malaysia pun sudah lolos ke putaran final. "Wajar saja, karena tujuan mereka sudah tercapai yakni ke putaran final," kata Hayom.
Sementara itu, peluang tim Uber Indonesia semakin terbuka usai menang telak 5-0 atas Malaysia di babak playoff kualifikasi. Para pebulutangkis putri Indonesia ini tinggal selangkah lagi merebut tiket menuju putaran final Piala Uber yang akan berlangsung Mei mendatang di Wuhan, Cina, jika berhasil menundukkan Hongkong pada laga terakhir playoff Minggu (19/2/12).



Tim Uber Cup Indonesia

Tim Uber Indonesia sukses menggulung Singapura dengan skor 5-0 dalam babak play-off Uber Cup 2012. Indonesia memastikan kemenangan lewat Febe Kusumastuti yang berhasil mengkandaskan Fu Mingtian dengan skor 21-16 17-21 dan 21-12.

Febe yang turun di partai ketiga ternyata bermain di atas angin menghadapi juara SEA Games 2011 lalu. Sejak awal, Febe merasa yakin bahwa dirinya akan bisa mengalahkan Mingtian. Dia juga memberikan alasan mengapa dirinya sempat kehilangan banyak poin di game kedua.

“Dari awal saya sudah percaya diri menghadapi Fu Mingtian, karena sudah pernah menang dan saya merasa cocok dengan bola-bolanya. Pada game kedua saya sempat menang angin, jadi banyak bola saya yang keluar,” ujar Febe usai pertandingan, seperti disitat PBSI, Jumat (17/2/2012).

Sebelumnya, poin pertama Indonesia berhasil dicetak oleh pebulutangkis putri andalan merah putih, Adriyanti Firdasari yang sukses mengalahkan Gu Juan dengan tiga game, 21-11, 10-21, 21-16.

Sedangkan pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari menambah poin untuk keunggulan Indonesia setelah menaklukan ganda andalan Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei, dalam dua game langsung 21-16, 22-20.

Kemenangan ini menempatkan tim Uber Indonesia di puncak klasemen play-off. Tim Uber Hongkong dan Malaysia hari ini juga telah berlaga di babak play-off dan diakhiri dengan kemenangan tim Hongkong 3-2.

Pada laga play-off selanjutnya, tim Uber Indonesia akan menantang tim Negeri Jiran, Malaysia. Sementara Hongkong akan menjadi lawan terakhir. Penentuan peringkat 5-8 dimainkan dengan sistem round robin, tim yang paling banyak mendapatkan kemenangan akan berhak untuk mendapatkan peringkat kelima.

Sementara itu, tim Uber China memastikan diri melangkah ke final setelah mengkandaskan tim Uber Taiwan 3-0. Tim Uber Thailand juga sedang berhadapan dengan Jepang, sementara ini Thailand unggul 2-0.

Berikut hasil lengkap babak play-off  Tim Uber Indonesia vs Singapura :
Adriyanti Firdasari vs Gu Juan : 21-11, 10-21, 21-16.
Greysia Polii/Meiliana Jauhari vs Shinta Mulia Sari/Yao Lei : 21-16, 22-20.
Maria Febe Kusumastuti vs Fu Mingtian : 21-16, 17-21, 21-12.
Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari vs Chen Jiayuan/Thng Ting Ting : 21-5, 21-16
Linda Wenifanetri vs Xing Aiying 18-21, 21-12, 21-16.

Hasil Pertandingan dari Piala Thomas dan Piala Uber Indonesia

 
banner