Cuci Rambut dengan Air Dingin atau Air Hangat ?

11 April 2012


Cuci Rambut dengan Air Dingin atau Air Hangat ? - Saat merawat rambut di salon, terutama ketika mencuci rambut Anda kerap diberikan pilihan, ingin menggunakan air hangat atau dingin? Sebenarnya apa bedanya dan bagaimana sebaiknya?

Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis dan kondisi rambut Anda. Bagaimana pun, perawatan rambut akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika menyesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut Anda. Baik dalam pemilihan berbagai jenis produk perawatan rambut termasuk cara merawatnya, tak terkecuali ketika Anda mencuci dan membilas rambut dari berbagai produk seperti sampo juga kondisioner. Artinya, penggunaan air hangat dan dingin saat keramas bergantung pada kebutuhan dan kondisi rambut Anda.

Penggunaan air hangat saat mencuci rambut akan membuka kutikula rambut. Sebaliknya, menggunakan air dingin saat mencuci rambut akan membuat kutikula tertutup sehingga nutrisi yang diberikan kepada rambut, dari sampo atau kondisioner, akan meresap lebih baik. Penyerapan nutrisi yang baik akan membuat rambut lebih sehat dan tidak terlihat kusam.

Kalau kebutuhan Anda adalah untuk mengatasi rambut kering, dan membuatnya kembali sehat karena ternutrisi dengan baik, sebaiknya gunakan air dingin saat mencuci rambut. Penggunaan air dingin juga dibutuhkan rambut kering untuk pembilasan setelah menggunakan kondisioner.

Meski begitu pada kondisi rambut tertentu, penggunaan air hangat atau dingin secara bergantian juga diperlukan. Jerry Pravda, penata rambut profesional mengatakan untuk kondisi rambut sangat kotor, air hangat dan dingin dibutuhkan pada saat mencuci rambut dengan dua kali aplikasi sampo.

"Untuk rambut sangat kotor, gunakan sampo pertama kali dengan air hangat. Ini berfungsi untuk mengangkat kotoran lebih cepat. Lalu saat menggunakan sampo kedua kalinya, gunakan air dingin, begitu pun saat membilas setelah penggunaan kondisioner, agar kutikula menutup dan nutrisi rambut lebih meresap," jelasnya di sela peluncuran Dove Nourishing Oil Care di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Jerry, perawatan rambut yang tepat termasuk melakukan tata cara mencuci rambut yang baik, akan memudahkan Anda dalam menata rambut. "Rambut yang sehat dan terawat baik, akan lebih mudah dan lebih cepat di tata. Kebanyakan orang memakan waktu lama untuk penataan rambut lantaran rambutnya yang kering dan sulit diatur, dan ini merupakan salah satu tanda kerusakan pada rambut yang harus diatasi secara tepat," tandasnya

 
banner