Kelebihan Berat Badan Bisa Terkena Kanker Ginjal

9 April 2012


kelebihan berat badan

Kelebihan Berat Badan Bisa Terkena Kanker Ginjal - OBESITAS (kelebihan berat badan) ternyata bisa memicu peningkatan besar dalam jumlah kasus kanker ginjal.

Di Inggris, Cancer Research UK telah menerbitkan angka yang menunjukkan lebih dari 9.000 kasus penderita kanker ginjal pada tahun 2009 merupakan penyandang obesitas. Jumlah ini lebih besar dibandingkan 1975 yang hanya 2.300 kasus.

Obesitas meningkatkan risiko kanker ginjal sekitar 70 persen dibandingkan dengan merokok yang meningkatkan hanya sekitar 50 persen.

Cancer Research UK mengatakan terlalu sedikit orang memahami risiko kanker dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Sementara kanker ginjal kini tercatat sebagai kanker paling umum di urutan delapan.

Darah dalam urin dapat menjadi tanda awal bahwa ada sesuatu yang salah. Namun kanker ginjal, jika didiagnosis dini, sering dapat disembuhkan dengan operasi.

Para ahli mengatakan bahwa kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker ini, serta kanker yang lain termasuk payudara, usus dan kanker rahim, karena meningkatkan produksi hormon tertentu, dibandingkan dengan yang terlihat pada orang sehat.

Angka perokok di Inggris telah turun selama 35 tahun terakhir, tetapi kelebihan berat badan dan obesitas meningkat. Hampir 70 persen pria dan 60 persen wanita di Inggris memiliki indeks massa tubuh (BMI) 25 atau lebih yang berarti mereka digolongkan kelebihan berat badan.

Namun demikian kemampuan bertahan hidup selama lima tahun untuk kanker ginjal telah meningkat sebesar 85 persen antara awal tahun 1970 dan 2005-09.

Profesor Tim Eisen, seorang peneliti kanker ginjal Cancer Research UK yang berbasis di University of Cambridge mengatakan, “Selama 10 tahun terakhir, Cancer Research UK telah membantu untuk mengembangkan obat baru yang menghancurkan suplai darah ke kanker ginjal. Obat ini mengontrol penyakit pada kebanyakan pasien tetapi tidak menyembuhkan.”

"Cara terbaik untuk mencegah masalah tersebut adalah menjaga berat badan yang sehat dan tidak merokok. Itu adalah cara terbaik untuk dilakukan,” saran Eisen.

Sara Hiom, direktur informasi di Cancer Research UK, mengatakan, "Terlalu sedikit orang yang mengetahui mengenai risiko kanker signifikan dikaitkant dengan kelebihan berat badan. Sementara berhenti merokok tetap merupakan cara terbaik untuk mengurangi peluang Anda terkena kanker ginjal, pentingnya menjaga berat badan yang sehat tidak boleh diabaikan." 

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/09/87916/Kelebihan-Berat-Badan-Picu-Kanker-Ginjal/11