Tips Kesehatan - Tips Menjaga Kesehatan Mata

28 April 2012


cara menjaga kesehatan mata
Tips Menjaga Kesehatan - Jika sebelumnya sudah dibahas tentang cara menjaga kesehatan tubuh dan tips menjaga kesehatan kulit. Pada postingan ini, akan dibahas tentang cara menjaga kesehatan mata. Kesehatan mata harus benar-benar dijaga, apa lagi dengan cuaca yang tidak menentu dinegara kita dengan polusi yang kurang sehat. Menjaga kesehatan mata cukup mudah jika kita memperhatikan dan melakukan beberapa tips dalam menjaga kesehatan mata. 

Mata adalah organ tubuh yang sangat penting karena hanya dengan mata lah kita dapat melihat dunia. Namun apa jadinya kalau mata rusak? Tak ada yang ingin mengalaminya bukan? Karena itu, penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan mata agar tidak sampai mengalami gangguan penglihatan atau sakit. Lalu bagaimana caranya?
Berikut ini tips-tips untuk menjaga kesehatan mata Anda :
1. Makan banyak buah dan sayur, terutama yang mengandung banyak vitamin A seperti tomat dan wortel. Selain itu, kandungan beta karoten dalam wortel adalah substansi terbaik untuk menjaga kesehatan mata.
2. Hindari memakai lensa kontak/contact lense lebih dari 19 jam karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan secara ekstrim dan membuat mata tidak nyaman.
3. Gunakan tetes mata yang mampu mengatasi alergi seperti mata merah atau gatal-gatal selama musim alergi. Tapi ingat untuk menggunakannya sesekali saja karena penggunaan setiap hari hanya akan membuat kondisi mata memburuk. Baca label aturan pakai dengan teliti. Tidak boleh meneteskan banyak-banyak selama pemakaian lensa kontak. Selain itu, Anda harus berhati-hati memiilih obat tetes mata untuk menghindari kemungkinan bahaya bahan kimianya. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu.
4. Dinginkan 2 potong mentimun, masukkan ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan di atas mata dan tekan pelan-pelan selama 10 menit sebelum tidur malam untuk menghindari bengkak saat bangun.
5. Pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari terpaan sinar matahari. Pilih lensa kacamata yang berpolar, bukan hanya yang gelap. Lensa gelap hanya akan membuat pupil mata Anda membesar tanpa melindunginya dari sinar matahari. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan sangat berbahaya untuk penglihatan Anda. Perlindungan yang dilakukan sekarangakan sangat berguna di masa mendatang.
6. Jangan terlalu lama menatap layar komputer karena hal itu akan membuat mata Anda minus. Alihkan pandangan dari layar komputer selama 2 sampai 3 menit agar mata tidak tegang. Lakukan yoga mata setiap jam apabila Anda harus menatap layar komputer selama berjam-jam. Caranya adalah dengan mengedipkan mata 50 kali dengan sangat cepat untuk melatih dan merelakskan otot-otot mata.
7. Gunakan goggle atau pelindung mata lain saat Anda harus berhadapan dengan zat-zat kimia berbahaya atau di tempat yang mungkin mengandung gas-gas berbahaya.
8. Relakskan mata Anda. Lihatlah ke tempat-tempat yang lapang dan didominasi warna hijau untuk memberikan kesegaran.
9. Kunjungi dokter spesialis mata minimal setahun sekali untuk mendapatkan diagnosa tepat tentang penyakit mata, terutama jika penyakit mungkin harus ditangani dengan kaca mata, lensa kontak, atau operasi. Dokter juga akan mengecek mata kering, masalah pada retina, dan bahkan kondisi kesehatan seluruh tubuh seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Beberapa penyakit tanpa gejala seperti glaukoma (yang bisa menyebabkan buta total) juga bisa dideteksi lebih dini.
10. Letakkan dua kantung teh di dalam lemari es, dan setelah Anda pulang kerja, letakkan kedua kantung tersebut di atas mata Anda lalu tekan secara perlahan. Cara ini dapat menyembuhkan mata lelah.
sumber: http://www.beautydaylily.com/a/10-tips-menjaga-kesehatan-mata/