Jadwal Motogp 2012 Seri Ke 5 Catalunya Spanyol

28 Mei 2012

MotoGP 2012 - Update lagi seputar motogp 2012, pada seri ke 4 Le Mans kemarin banyak hasil yang mengejutkan. Valentino Rossi berhasil naik podium untuk yang pertama kalinya di musim balapan tahun ini. Itu tidak terlepas karena balapan berlangsung dalam kondisi dan cuaca hujan. Terlepas dari kondisi cuaca, hasil motogp le mans mengisyaratkan bahwa The Doctor masih ada. Postingan kali ini Waloetz kembali akan mengulas seri ke 5 Sirkuit Catalunya Spanyol yang akan berlangsung pada tanggal 3 Juni 2012 nanti. Bagaimana prediksi dan ulasan sirkuit Catalunya Spanyol ??


Jadwal Motogp 2012 Seri Ke 5 Catalunya Spanyol




Ulasan Sirkuit Catalunya Spanyol

Sirkuit Catalunya Spanyol adalah sirkuit yang terletak di sebelah utara kota Barcelona. Sirkuit ini sudah sangat familiar dengan para kru mekanik, pembalap dan tim balap dunia maupun lokal di Spanyol. Pasalnya sirkuit selalu menjadi ajang tempat perhelatan ujicoba maupun ajang balap F1 dan MotoGP.

Sirkuit Catalunya mulai dibangun pada tahun 1991 dan selesai dibangun pada tahun yang sama. Secara teknikal, sirkuit ini mempunyai layout yang cukup unik. Antara ajang F1 dan MotoGP, mempunyai jalur yang berbeda di beberapa titik.

Sirkuit yang memiliki panjang 4.655 meter ini, didesain dengan 13 tikungan untuk ajang MotoGP. Di sirkuit ini kesempatan untuk menyalip lawan cukup besar, kendati lebar sirkuit tidak terlalu besar. Jalur lurus yang cukup panjang, dan diakhiri dengan tikungan kekanan yang cukup tajam, membuat pembalap harus mempunyai strategi cukup matang untuk menyalip lawan.

Pasalnya jika tidak tepat berada dalam jalur racing, maka pembalap bisa kehilangan posisi cukup banyak. Tidak berbeda dengan F1, ditikungan pertama inilah, paling banyak dimanfaatkan oleh pembalap MotoGP untuk menyalip lawan. Namun di beberapa bagian sirkuit yang cukup menantang, juga membuat pembalap bisa memanfaatkan kesalahan lawan.

Contoh paling konkrit pada MotoGP musim 2009 lalu. Dimana Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bertarung habis-habisan dan saling menyalip sepanjang 3 lap terakhi hingga lap terakhir.

Di pagelaran MotoGP Catalunya, Rossi merupakan pembalap yang paling sukses dengan meraih 6 kali kemenangan hingga tahun 2010.

Jadwal Siaran Trans7 :

3 Juni, Jadwal MotoGP Catalunya – Catalunya
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00
Terima kasih, semoga bermanfaat. Bagaimana hasil Motogp Catalunya Spanyol nanti ?

 
banner