Jadwal Motogp Seri ke 3 | Estoril Portugal, Prediksi dan Ulasan Sirkuit

4 Mei 2012

Motogp 2012 - Kembali akan digelar pada minggu ini tanggal 5 Mei 2012 seri balap motogp. Memasuki seri ke 3 pertandingan nanti akan digelar di Estoril Portugal. Bagaimana strategi pembalap dan bagaimana ulasan sirkuit Estoril Portugal ini. Berikut hasil lengkapnya :

Sirkuit Estoril Portugal

Sirkuit yang memiliki nama asli Aut├│dromo Fernanda Pires da Silva ini berlokasi di Portugal. Memiliki panjang lintasan 4.182 meter dengan 13 tikungan. Lintasan balap ini dikelola oleh Parp├║blica, sebuah perusahaan pelat merah Republik Portugal. 

Trek ini dibangun tahun 1972 di sebuah dataran tinggi berbatu dekat desa Alcabideche. Yang jauhnya sekitar 9 km dari kota Estoril. Kota inilah yang akhirnya diadopsi sebagai nama sirkuit Estoril. 

 

Lintasan Estoril memiliki sebuah trek lurus panjang yang sekaligus menjadi garis start/finish. Tingkat kesulitannya terletak pada 2 tikungan hairpin dan kontur aspal yang naik turun. 

Tadinya pada tahun 80 hingga 90an, sirkuit ini terkenal karena sering menyelenggarakan balap F1. Namun sejak 1997, Estoril tidak lagi digunakan untuk menyelenggarakan balap jet darat. Hingga akhirnya pada tahun 2000 lalu, Estoril didesain ulang agar mendapatkan homologasi FIM. 

Sejak saat itulah tepatnya pada tanggal 3 September 2000, sirkuit Estoril secara rutin menjadi tuan rumah penyelenggara Moto GP Portugal. Dua tahun belakangan, Jorge Lorenzo menjadi raja di sirkuit ini dengan menjadi juara GP Portugal 2009-2010. 

Selama bertahun-tahun, Estoril sering disorot tentang masalah safety. Bahkan pernah gagal inspeksi keamanan lebih dari sekali. Salah satunya adalah angin kencang yang juga dialami negara tetangga, Spanyol. Namun banyak tim balap menyukai sirkuit ini untuk tes musim dingin. 
(Otomotifnet.com)
  
 Data sirkuit Estoril, Portugal 
 Nama sirkuit Autodromo do Estoril 
 Dibuka  1972 
 Mulai digunakan  2000 
 Tanggal balapan  01 Mei 2011 
 Panjang sirkuit  4.423 meter 
 Jumlah tikungan  13
 Rekor lap tercepat  1:35:715 detik - Jorge Lorenzo, tahun 2008   
 Pemenang tahun 2010  Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP) 




Prediksi Pembalap

Lorenzo

Lorenzo sepertinya tidak ingin salah pilih ban lagi, apa lagi dia memiliki rekor bagus di Estoril. Dibelakang Lorenzo dipastikan akan lebih seru, dari dua seri yang sudah berlangsung. Peta kekuatan para tim-tim Motogp mulai kelihatan. Honda semakin percaya diri dengan mesinnya, Yamaha dengan akselarasinya. Tapi kita masih berharap the doctor bisa bersaing lagi dibarisan depan.

Baca : Jadwal Motogp 2012