Tips Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

7 Juli 2012

Tips Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulit - Artikel ini merupakan lanjutan tentang bagaimana cara dan tips merawat wajah. Bagaimana merawat wajah berdasarkan jenis kulit, berikut ulasannya :

Kunci dalam merawat wajah adalah dengan mengenal jenis kulit wajah Anda. Dengan mengenali kulit wajah, Anda bisa menentukan langkah apa yang harus diambil untuk membuat wajah tampak lebih cantik. Lalu apa saja macam-macam jenis kulit? Tipe kulit wajah sendiri terbagi menjadi 4 macam, yaitu kulit wajah normal, kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, dan kulit wajah sensitif.


merawat wajah

Tipe Kulit Normal

Bila Anda memiliki jenis kulit wajah normal, maka Anda cukup beruntung karena Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam melakukanperawatan wajah. Dibandingkan dengan jenis kulit yang lain, kulit wajah normal memiliki sedikit masalah. Berikut tips-tips merawat wajah dengan tipe kulit normal yang bisa diaplikasikan di rumah.
  • Kulit normal kebanyakan akan cocok dengan produk kecantikan atau kosmetik apapun. Walau begitu, hindari bergonta-gantikosmetik karena hal itu bisa saja membuat kulit wajah menjadi iritasi.
  • Gunakan masker wajah. Anda bisa membeli produk masker yang sudah banyak beredar di pasaran ataupun membuat masker alami. Misalnya masker buah-buahan seperti alpukat, mentimun, dan tomat, ataupun masker madu. Pembuatan masker inipun cukup mudah, tinggal hancurkan buah-buahan, tambahkan sedikit minyak zaitun, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Walau kulit normal jarang memiliki masalah, jangan malas untuk mencuci muka. Cuci muka sebaiknya dilakukan sebelum maupun sesudah bangun tidur dan juga sehabis beraktivitas.

Tipe Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang sering menimbulkan keluhan pada sebagian besar wanita wanita. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa merawat wajah berminyak cukup sulit dilakukan. Ciri kulit berminyak adalah timbulnya minyak berlebih sehingga permukaan wajah terlihat mengkilat. Kulit berminyak umumnya disertai munculnya jerawat yang tentu saja mengganggu penampilan.

Sebelum mengetahui cara merawat wajah berminyak, Anda juga patut mengetahui bahwa tipe kulit ini sendiri ternyata masih terbagi menjadi dua jenis, yaitu kulit berminyak total dan juga kombinasi. Berminyak total artinya setiap bagian wajah pasti akan mengeluarkan minyak berlebih, sementara tipe berminyak kombinasi hanya akan mengeluarkan minyak berlebih di beberapa bagian. Misalnya daerah T pada wajah (sekitar hidung dan dahi).
Meskipun demikian, perawatan wajah dengan kulit berminyak hampir sama. Berikut adalah beberapa tipsnya.
  • Pilih produk kecantikan atau kosmetik yang bersifat oil free dan berbahan dasar air agar tidak meningkatkan kadar minyak pada kulit wajah Anda.
  • Gunakan masker wajah. Namun, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker dari bahan-bahan alami (buah, madu, atau teh hijau) daripada masker buatan pabrik yang mengandung bahan kimia yang ada di pasaran.
  • Cuci muka adalah hal wajib, terutama untuk tipe kulit ini agar minyak berlebih bisa terhapus dari wajah. Tak hanya itu saja, cuci muka juga disarankan untuk membersihkan sisa make-up atau kotoran yang menyumbat pori. Bila pori tersumbat, kadar minyak berlebih dalam kulit tidak akan bisa keluar. Hal inilah yang kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat pada orang-orang yang memiliki jenis kuit wajah berminyak.
  • Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan wajah dari dalam tubuh juga sangat penting. Hindari mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, karena jenis makanan ini dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar minyak lebih banyak pada wajah.

Tipe Kulit Kering

Jenis kulit yang satu ini tidaklah terlalu sulit untuk diatasi, namun tetap harus hati-hati dalam perawatannya. Kulit kering disebabkan karena kurangnya kelembaban wajah, jadi kunci dalam merawat wajah berkulit kering adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Berikut cara perawatannya:
  • Bersihkan wajah dengan air segar untuk membersihkan sisa kosmetik maupun debu dan kotoran. Namun saat tiba waktunya pengeringan, jangan terlalu menggosok wajah dengan handuk apalagi dengan handuk berbahan kasar. Pilih handuk berbahan dasar lembut, lalu tepuk-tepukkan saja ke wajah dan biarkan kulit wajah tidak terlalu kering dan sedikit lembap.
  • Pelembap wajah adalah hal wajib dalam perawatan wajah berkulit kering. Gunakan pelembap wajah yang tepat sebanyak 2-3 kali sehari. Aplikasikan pelembap setidaknya 3-4 menit setelah wajah selesai dibersihkan dengan air.
  • Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung sabun/deterjen, karena bahan deterjen bisa membuat kulit wajah menjadi semakin kering dan bisa menimbulkan iritasi.
  • Selain deterjen, hindari penggunaan pembersih wajah yang mengandung bahan scrub. Walau ukurannya sangat kecil, scrub juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah kering.
  • Jika ingin menggunakan masker wajah, pilih masker yang mampu menjaga kelembapan kulit wajah. Masker yang mengandung bahan vitamin E ataupun olive oil sangat dianjurkan untuk merawat wajah kulit kering agar tetap lembap.
  • Menjaga kelembaban kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan banyak minum air putih minimal 7 gelas setiap hari.

Tipe Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang paling sulit untuk diatasi, namun bukan berarti tidak ada solusi dalam merawat wajah bagi kulit tipe ini. Kulit jenis ini memang sensitif, baik terhadap produk kecantikanmaupun perlakuan-perlakuan yang sudah biasa dilakukan dalam perawatan wajah, misalnya cuci muka.
Kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin tidak berdampak banyak pada jenis kulit wajah lain, bisa saja malah menimbulkan akibat fatal bagi kulit sensitif, karena itu harus hati-hati dalam merawat wajah dengan tipe kulit seperti ini. 
Keluhan yang paling banyak terjadi untuk jenis kulit ini adalah iritasi berupa peradangan atau kulit wajah yang menjadi kemerah-merahan. Bagaimana cara merawatnya? Berikut tips-tipsnya.
  • Hal pertama yang harus diingat adalah jangan suka gonta-ganti produk kecantikan, baik itu pelembap, bedak, maupun pembersih wajah. Kulit sensitif akan sangat mudah rusak dibanding jenis kulit lainnya apabila Anda suka mencoba-coba kosmetik baru.
  • Hindari produk kecantikan wajah yang mengandung pewangi.
  • Jangan terlalu sering menggunakan make-up. Bahan kimia yang ada pada kosmetik tidak terlalu baik bagi kulit wajah sensitif sekalipun kosmetik itu cocok bagi kulit Anda.
  • Pastikan untuk selalu mencuci muka sehabis menggunakan make-up.
  • Merawat wajah berkulit sensitif lebih dianjurkan dengan cara alami, misalnya penggunaan masker buah-buahan (mentimun, alpukat, apel, tomat, atau wortel). Bahan alami seperti ini menurunkan resiko iritasi pada kulit wajah.
  • Bila ingin mencuci muka, dianjurkan menggunakan air segar daripada air hangat untuk menghindari iritasi.
  • Sebisa mungkin hindari kontak langsung antara wajah dan sinar matahari. Namun apabila ingin beraktivitas di luar rumah, sebaiknya gunakan topi agar wajah tidak terpapar sinar UV.
Demikian Tips Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulit .

 
banner