Peristiwa-peristiwa Bersejarah 5 Tahun Karier SNSD

21 Agustus 2012

Tanggal 22 September nanti akan menjadi hari bersejarah untuk penggemar K-pop, khususnya Sone di Indonesia.
Untuk kali pertama, konser SMTOWN digelar di Jakarta. Ini jelas kesempatan baik bagi Sone yang belum menyaksikan aksi idola secara langsung di Jakarta.
Sementara Sone Indonesia menanti-nantikan konser SMTOWN bulan depan, SNSD merayakan tanggal bersejarah pada 5 Agustus lalu. Hari itu, grup beranggotakan Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun memperingati tepat 5 tahun karier mereka di industri musik K-pop.
snsd

SNSD debut pada 5 Agustus 2007 dan kini telah menjelma menjadi girl band K-pop paling berpengaruh tidak hanya di Korea, tetapi telah merambah ke negara-negara Asia, bahkan Amerika dan Eropa. Sejak debut, nyaris semua album, lagu, dan gaya berbusana sukses menjadi trendsetter bagi penyuka K-pop.
“Lima tahun sudah berlalu semenjak debut kami. Kami sangat bahagia dan berterima kasih,” tulis SNSD di laman resmi SMTOWN. “Ingatkah kalian akan pertemuan pertama dengan kami pada 5 Agustus 2007? Aku naik panggung, dipenuhi kekhawatiran dan kegugupan, tetapi aku bisa melanjutkannya tanpa khawatir dan gugup lagi selama lima tahun setelah berjumpa kalian,” tulis Sooyoung.
SNSD mengucapkan terima kasih kepada para Sone, juga pihak-pihak yang tak henti-henti memberi dukungan selama lima tahun berkarya. “Jika ingin membayar semua kebaikan kalian, yang bisa kulakukan hanyalah membuat pertunjukan yang bagus, kan? Aku sangat bahagia saat ini karena menerima ucapan selamat dari banyak orang. SNSD kini telah 5 tahun. Aku ingin bermimpi bersama kalian sampai kami 50 tahun!” imbuh Sooyoung.
Lima angka keramat dalam karier artis K-pop. Butuh perjuangan, kerja keras, serta keberuntungan untuk melewati angka ini dengan predikat sukses. Banyak hal baik maupun buruk mewarnai perjalanan karier SNSD hingga sampai di angka keramat ini.
Paling tidak ada lima peristiwa bersejarah yang menjadi titik balik karier SNSD lima tahun ini. Apa saja?
1. Perilisan Lagu “Gee”
SNSD menandai debut pada 5 Agustus 2007 dengan merilis single “Into The New World”. Namun bukan lagu ini yang melambungkan nama SNSD. Kiprah SNSD di kancah musik K-pop baru melejit berkat lagu “Gee” pada 2009. Siapa yang tak tahu lagu “Gee”? Tariannya, liriknya, musiknya, bahkan gaya busana SNSD di video klip menjangkiti para pencinta K-pop, bahkan menjaring penggemar baru.
Berkat lagu ini pula, SNSD digadang-gadang menyaingi grup Wonder Girls yang saat itu berjaya dengan “Nobody”. “Gee” mencatat rekor sebagai lagu yang paling lama menduduki peringkat pertama di Music Bank KBS dengan sembilan kali kemenangan berturut-turut. Videonya telah ditonton sebanyak 81,2 juta kali di YouTube dan ditasbihkan sebagai salah satu video K-pop paling banyak ditonton di seluruh dunia. Oh  ya, pada 2010, “Gee” juga disebut sebagai lagu paling populer bersamaan dengan lagu “Sorry Sorry”-nya Super Junior.
2. Tiket Konser Solo Perdana Ludes Dalam 3 Menit
Dua puluh sembilan bulan setelah debut, tepatnya 19-20 Desember 2009, SNSD menggelar konser tunggal perdana mereka di Stadion Olymic Soul. Penjualan tiket dimulai pertengahan November dan mencatat rekor penjualan fantastis. Hanya dalam waktu tiga menit, tiket konser untuk dua hari pertunjukan ludes! Setelah konser solo perdana di Seoul, SNSD juga menggelar konser di Shanghai dan Bangkok dan menggelar tur Asia perdana mereka.
3. Iklan Album The Boys Terpampang di Baliho di Lima Kota Besar Dunia
Album The Boys yang dirilis tahun lalu menjadi titik selanjutnya. Perilisan dan promosi album ini dilakukan serentak di seluruh dunia, termasuk Amerika dan Eropa, menandakan kesiapan SNSD memasuki industri musik global juga penerimaan masyarakat dunia atas kehadiran SNSD. Tak tanggung-tanggung, iklan album The Boys terpasang di baliho di pusat keramaian di Times Square New York, Tokyo, Shibuya, Wangfujing Beijing, dan tentunya Seoul.
4. Tampil di Acara TV Amerika
Awal tahun ini, SNSD menjadi bintang tamu di dua talk show paling populer di Amerika, Late Night With David Letterman dan Live! With Regis. SNSD grup K-pop pertama yang diundang sebagai bintang tamu di kedua acara itu. SNSD, yang membawakan lagu “The Boys” di kedua acara itu, sukses menjadi perhatian masyarakat Amerika.
5. Meraih Status “Emas” di Jepang
Jepang merupakan pasar musik terbesar kedua di dunia dan pencapaian SNSD di Negeri Sakura itu tahun ini menggembirakan. Berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan Asosiasi Industri Rekaman Jepang, SNSD berhasil meraih status emas di Jepang melalui single terbaru, “Paparazzi”. Video klip bertema pertunjukan teater Broadway ini telah ditonton lebih dari 10 juta kali di YouTube. Daebak!
riz/berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar