Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

27 September 2012

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur - Apabila anda ingin mempunyai anak , kalkulator ini akan sangat membantu anda menentukan kapan saat tepat untuk anda berhubungan intim dengan suami anda. Selain itu dapat juga digunakan untuk sebaliknya apabila anda belum ingin mempunyai anak dengan cara menghindari berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi karena kemungkinan hamil pada saat ovulasi terjadi sangat tinggi.

Menghitung masa subur menjadi semakin sulit bagi wanita yang tidak memiliki siklus mentruasi yang tidak teratur. 

cara menghitung masa subur

Kondisi anda akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Tetapi perlu diingat sperma mempunyai dayan tahan sampai dengan 7 hari. Sehingga terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga.

Pada umumnya satu siklus menstruasi / ‘datang bulan’ adalah 28 hari. Sekalipun begitu pada beberapa wanita lamanya dapat bervariasi mulai dari 22 hari hingga 36 yang bergantung pada banyak variable (kegiatan, jenis makanan, kondisi fisik dan psikis).

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari hari sebelum menstruasi berikutnya. Sebagai contoh nya Menstruasi terjadi pada tanggal 1 October 2009 dan menstruasi bulan berikutnya adalah 29 October 2009, maka berarti siklus menstruasi anda selama 28 hari. Tetapi apabila menstruasi anda tidak mempunyai lama siklus yang tepat ada baiknya anda mencoba mengamati selama 3 bulan dan mengambil rata-rata siklus menstruasi anda.

Kalkulator ini juga dilengkapi dengan prediksi kapan anda akan melahirkan apabila anda berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi.

Perlu diingat kalkulator ini hanya saran dari perhitungan teknikal yang pada umumnya sehingga terkadang hasil yang ada berbeda dengan kenyataannya.

Cara menghitung masa subur anda begini:
hari pertama anda mendptkan menstruasi dihitung hari 1(hitung sama liat kalender ya...biasanya wanita mengalami mens selama seminggu),anda hitung trus sampai 12 hari.
hari ke12 anda hitung lagi menjadi 1sampai 8hari nah hari ke 1-8 itu adalah masa subur  anda.



Contoh: 
anda mendapat mens tgl 3mei2009=hr 1 mens,tgl 14mei2009 hari ke 12.
Lalu tgl 14mei2009 masa subur hari 1 sampai tgl 21 mei 2009 masa subur hari 8 ===> jadi selama 8hr itu anda dpt berhubungan supaya cepat hamil.

 
Oh ya setelah sperma masuk anda jangan langsung berdiri atau cuci,diamkan saja sebentar supaya dapat bertemu dengan sel telur. Dan kata teman nih lebih bagus lagi pantat anda dikasih bantal supaya sperma tidak jatuh keluar.



Sumber : doktersehat.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
banner