Belajar Skill Utama Main Billiard

7 Oktober 2011

Artikel lanjutan dari permainan billiard yang saya posting, sebelumnya baca juga Dasar-dasar Main Billiard.
Mental adalah faktor penting untuk “olahraga melawan diri sendiri” seperti misalnya biliar, bowling, menembak, panahan dsb. Jika bermain biliar, kita diharuskan mengeksekusi bola tanpa bisa dibalas oleh lawan secara langsung. Wajib untuk menunggu giliran jika ingin meng-counter lawan.




Olahraga biliar terbagi dalam banyak jenis, mari dibahas tentang cabang pool saja (nomor 9ball, 10ball dan 8ball adalah yang populer). Apabila anda menyukai permainan ini dan bermain untuk memenangkan sesuatu, maka yang perlu diseriusi tentu adalah melatih skill + MENTAL. Mari dibahas satu persatu.

1. SKILL/TEHNIK

Skill bisa didapat dengan berlatih yang benar dan juga bisa didapat jika belajar secara otodidak namun konsisten. Otodidak bukan berarti segalanya dilakukan sendiri, namun lebih dimaksud pada latihan yang lebih banyak dilakukan sendiri dengan bimbingan pemain yang lebih mahir. Semakin sering latihan maka kemungkinan besar tehnik bermain akan semakin meningkat, dengan catatan latihan dilakukan dengan benar dan level latihan terus meningkat. Lawan yang sering diajak sparring juga berpengaruh terhadap perkembangan tehnik. Setiap orang memiliki variasi pukulan yang berbeda, menghadapi banyak lawan akan membuat seseorang akan semakin berpengalaman. Menonton video atau siaran langsung di televisi juga sangat berguna untuk menambah imajinasi serta mengembangkan variasi pukulan. Semakin sering bermain melawan pemain dengan kemampuan lebih tinggi maka secara tidak sadar kita sedang meningkatkan level permainan sendiri.

Berikut tips untuk belajar dari orang lain secara “otodidak” :

- Ajaklah seseorang yang lebih mahir untuk bermain (biasanya kadang mereka mintanya taruhan :mrgreen: )

- Jangan sekedar main, dibantai, trus pulang hehe… Walau kemungkinan kalah besar, namun ambilah manfaat ketika bermain dengan pemain yang lebih mahir dengan cara bertanya beberapa pukulan yang tidak anda pahami. Tidak mudah mempraktekkan apa yang diajarkan seseorang, butuh praktek secara terus menerus, namun setidaknya anda tau “rahasia” melakukan pukulan tertentu dalam posisi tertentu.

- Tontonlah video pemain dunia atau sebuah siaran langsung kejuaraan biliar. Sebelum bola dieksekusi maka tebaklah dimana pemain tersebut akan menempatkan bola untuk memukul bola selanjutnya. Anggap diri anda menjadi dia dan tebaklah pukulan apa kira-kira yang akan dilakukan dalam setiap posisi. Tips ini hanya berguna untuk sekedar menambah imajinasi variasi penempatan bola, karena hanya dengan menonton tidak akan membuat kita semakin mahir, karena apa yang terlihat di televisi tidaklah mudah dilakukan seperti ketika para pemain dunia melakukannya. They make it look so easy :-D

- Sering-seringlah berlatih sendiri, terutama melakukan pukulan-pukulan bola sulit berulang ulang. Amat membosankan namun hasilnya akan terasa manfaatnya ketika bertanding dan harus mengeksekusi bola dengan posisi yang mirip ketika sedang latihan.

- Ketika teman anda yang lebih mahir melakukan pukulan yang tampak tidak bisa anda lakukan maka janganlah hanya sekedar bertepuk tangan dan menyorakinya. Tanyakan kepadanya bagaimana melakukannya sekaligus praktekkan.

- Sering-sering ikut turnamen. Disini sebagai tempat praktek yang sesungguhnya :-D

2. MENTAL

Sangat susah untuk dipelajari. Semuanya sangat tergantung oleh diri sendiri. Kebanyakan pemain yang saya mintai tips hanya memberi saran untuk lebih sering mengikuti turnamen. Makin baja mental si pemain maka makin tenang dia akan bermain. Pemain dengan skill dan mental yang bagus akan sangat sulit dikalahkan (diluar faktor keberuntungan tentunya). Lebih mudah menghadapi lawan yang skillnya bagus tapi mentalnya jelek, karena jika mental sudah jatuh, maka skill tidak akan keluar. Permainan akan menjadi berat sebelah karena pemain yang mentalnya jatuh akan selalu terbebani setiap melakukan eksekusi. Apabila memukul dengan pressure yang terlalu berat, maka besar kemungkinan pukulan akan meleset. Pemain dengan mental yang lebih baik bisa mengambil keuntungan dari keadaan seperti itu.

Saya bukanlah expert maupun master (masih mimpi dan ingin menjadi master :mrgreen: ), hanya sharing pendapat melalui tulisan sebagai salah satu orang yang suka bermain biliar. Apabila ada tips tambahan ataupun koreksi silahkan tulis di kolom komentar :-D




Seribu Pernak Pernik Ponsel Android Seribu Pernak Pernik Ponsel Android

0 komentar:

Poskan Komentar