Ada Apa dengan Iwak Peyek, Tomcat dan Kenaikan BBM

22 Maret 2012

Ada Apa dengan Iwak Peyek,
 Tomcat dan Kenaikan BBM


Ada Apa dengan Iwak Peyek, Tomcat dan Kenaikan BBM - Iwak  Peyek katanya menjadi lagu yang fenomenal awal tahun ini. Informasi  ini baru saja saya temukan saat tak sengaja melihat infotainment pada salah satu tv swasta. Mulai dari Sule di OVJ, Inul sampe pembawa acara In box (Gading, Astrid dan Andhika) heboh menyanyikan lagu Iwak Peyek.  Lagu ini dalam versi baru dibawakan oleh Trio Macan pada albumnya tahun 2011 lalu. Namun baru sekarang ini dapet momentumnya.



Ada apa lagi ini? Kenapa saat kenaikan BBM akan dilaksanakan dan mendapat penolakan  yang sedemikian rupa dari masyarakat, Trio Macan dimunculkan? Apakah ini pengalihan isu?
Pengalihan isu merupakan bagian yang sering dimainkan oleh pihak yang memiliki kekuasaan dengan cara menggunakan media. Pengalihan isu sering dilakukan pemerintah yang sudah mulai terpojok karena diserang dari berbagai pihak. Biasanya pemerintah sudah memiliki isu-isu yang sudah dipersiapkan lama untuk kemudian bisa di blow-up kapan saja sebagai pengalihan.

Dalam pengalihan isu ini pemerintah menggunakan jarum hipodermik yang berasumsi bahwa media merupakan suatu kekuatan yang luar biasa, sedangkan masyarakat dianggap tidak berdaya. Sehingga ketika masyarakat ditembak dengan berbagai informasi di media massa, masyarakat akan menerimanya tanpa filter.

Tidak hanya Iwak Peyek yang dimunculkan di media. Curhatan SBY yang lebay tentang ada pihak yang ingin menggulingkan kekuasaan juga dimunculkan. Belakangan serangga Tomcat yang sebenarnya tidak berbahaya hanya harus diwaspadai juga dimunculkan seolah menjadi sesuatu epidemik yang meresahkan.

Saya berkeyakinan, masyarakat saat ini sudah banyak yang memiliki kesadaran untuk tidak dibodohi. Tetap fokus dengan apa yang diharapkan yaitu kesejahteraan dan keadilan. Sehingga jarum hipodermik yang dipakai pemerintah menjadi tak berarti. Ini membutuhkan pengetahuan dan wawasan yang bisa didapatkan siapa saja. Namun saya kira mahasiswa adalah subjek yang tepat dalam perubahan sosial ini. Tidak mustahil Mei 1998 bisa terulang lagi!

source: http://hiburan.kompasiana.com/musik/2012/03/20/iwak-peyek-trio-macan/