Cara Mencegah Komputer Terinfeksi Virus

22 Maret 2012

Cara Mencegah Komputer Terinfeksi Virus

Cara Mencegah Komputer Terinfeksi Virus - Bagaimana Cara Mencegah Komputer Terinfeksi Virus ? Ini dia Cara Agar komputer tidak Terinfeksi Virus maka sobat perlu baca tips berikut, agar komputer terhindar dari virus. bagaimana cara mencegah komputer teserang virus,?


 
Berikut Tips dan cara mencegah komputer terinfeksi virus:

1. Menginstal Antivirus

Menginstal antivirus merupakan hal wajib yang harus kita lakukan. Dengan demikian komputer kita mempunyai perlindungan dari ancaman virus. Namun perlu kita ketahui sob, bahwa menginstal antivirus belum menjamin komputer kita akan bebas dari ancaman virus. Untuk proteksi Lebih di komputer sobat, sobat bisa menggunkan 2 anti virus yaitu Lokal dan Internasional, Untuk antivirus Lokal sobat bisa gunakan SMADAV dan untuk anti virus internasional sobat bia gunakan antivirus Seperti :
AVAST,
BITDEVENDER,
AVG Internet Security
ESET,
AVIRA,
KASPERSKY,
PANDA dan Lainnya silahkan cari di google... (Baca : Anti Virus Terbaik )
2. Update Database Program Antivirus Secara Teratur

Ratusan virus baru dapat muncul setiap bulannya bahkan setiap harinya. Virus baru tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk menghindar dari pantauan antivirus. Karena itu kita harus Mengupdate database dari program antivrus yang kita gunakan. Update database secara berkala, atau bisa juga mengaktifkan Auto Updete, kegunaannya tersebut diperlukan agar antivirus kita mampu mengenali virus-virus yang baru muncul. Database terbaru antivirus dapat kita lihat dan download di website perusahaan pembuat anti virus yang kita gunakan.


3. Berhati-hati Menjalankan File baru

Kebanyakan virus menyebar melalu file-file yang diikutkan bersama email (attachment file) dan file-file yang di download di Internet. Bila kita mendapat email yang mempunyai file attachment kita harus berhati-hati sebelum menjalankan file tersebut, sekalipun file tersebut berasal dari orang yang kita kenal. Bisa saja file tersebut dikirim oleh virus kepada kita karena komputer dari orang yang kita kenal tersebut sudah dijangkiti virus. Sebaiknya kita menscan terlebih dahulu file tersebut sebelum menjalankannya dengan anti virus sobat. Atau Jika kita ragu-ragu lebih baik dihapus saja.

4. Mewaspadai Kerusakan Sejak Awal

Bila komputer kita mulai menunjukkan hal-hal aneh, misalnya harddisk yang tiba tiba penuh, kecepatan menurun drastis, munculnya masalah pada program, dan sebagainya. Itu mungkin gejala bahwa komputer kita telah di infeksi oleh virus. Bila ini terjadi kita harus waspada sejak awal sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi pada PC atau Laptop kesayangan kita.

5. Membuat Backup Data Secara Teratur


Bila komputer kita berisi data-data dan file-file penting, kita perlu membuat backup untuk file/data tersebut secara berkala dan teratur. Dengan demikian, bila komputer kita terserang virus, kita tidak kehilangan data-data dan file-file penting itu.


Semoga Tips Cara Mencegah Komputer Terinfeksi Virus di atas dapat membantu sobat, dalam mencegah komputer terinfeksi virus.
Semoga bermanfaat...