Endank Soekamti - Biodata dan Foto Para Personil Endank Soekamti

15 Maret 2012

Endank Soekamti - Biodata dan Foto Para Personil Endank Soekamti

Endank Soekamti - Berawal dari keisengan & banci tampil, Erix mengajak Ari & Dori untuk memikat lawan jenis dengan nge-jam di sebuah event di malam pergantian tahun. Aplaus segelintir orang yang memadati Java Café Yogya menggema setiap lagu selesai dimainkan.

Setelah itu mereka mulai latihan di studio untuk persiapan mengikuti beberapa acara lokal. Anehnya mereka tidak pernah lolos seleksi & berakhir sebagai penggembira. Merasa dendam & tak puas sebagai penonton, mereka merubah strategi dengan membuat 2 lagu demo, setelah itu melakukan pendekatan ke radio-radio. Alhasil 2 lagu mereka sukses diputar di radio-radio & berbuah album kompilasi. Berkat lagu yang tiap pagi siang & malam mereka request sendiri di radio sebagai pancingan, Yogyakarta pun pelan-pelan mulai mengenal Endank Soekamti sampai akhirnya tiba juga banyak orang suka & me-request lagu mereka.. Boomm!!! 6 bulan menjadi top request. Endank Soekamti meroket di kota sendiri. Mulai dari situ tawaran manggung tidak pernah sepi… Bahkan hampir semua event lokal di kampus-kampus menampilkan mereka sebagai bintang tamu.

Belum puas dengan botol sebagai bayaran, mereka memutuskan untuk berjuang menuju industri musik nasional. Di akhir tahun 2002 mereka mencoba membuat demo secara digital recording di rumah sendiri untuk dikirim ke label-label besar di Jakarta. Karena bosan menunggu tanggapan dari Jakarta, Erix-Dory-Ari melakukan diskusi dengan senior-senior musisi di Yogya, di situlah Pongky Jikustik dan Tony traX terinspirasi untuk membuat sebuah label & merekrut Endank Soekamti sebagai artisnya.

Endank Soekamti bukanlah nama seorang pria maupun wanita, namun inilah nama band (grup musik) asal Yogyakarta yang bisa dibilang fenomenal. Endank Soekamti beranggotakan tiga orang, yaitu Ari (drum), Dori (gitar) dan Erik (bass dan vokal).

Nama Endank Soekamti sendiri diambil dari nama dua orang wanita yang berarti di hidup personilnya. Banyak juga yang menganggap bahwa nama "Endank Soekamti" adalah plesetan dari idiom "enak sekali".

Grup musik yang sering mengundang kontroversi karena lirik lagunya yang "menarik" ini berdiri pada Januari 2001. Sejak pertama, Endank Soekamti memang dikenal dengan lirik-lirik yang terkesan semaunya, nyeleneh, bahkan kadang-kadang kasar, yang disampaikan dengan guyonan khas Jawa.

Karir bermusiknya dimulai dari pertunjukan panggung ke panggung yang dilakoni ketiga personilnya dengan sabar. Mereka sempat manggung di seputaran Yogya dan Solo, terutama pada acara-acara yang banyak digelar mahasiswa.

Album pertama mereka digarap secara Indie pada tahun 2003, yang meraup kesuksesan dengan terjual sebanyak 75 ribu kopi. Album ini bertajuk Kelas 1 dengan hit single yang berjudul Bau Mulut. Dicatat, album pertama mereka ini diproduksi di bawah label "Proton Record".

Rupanya, mereka berhasil menuju dapur rekaman dengan memproduksi album kedua di bawah naungan Warner Music Indonesia, dengan judul Pejantan Tambun dengan 16 lagu di dalamnya pada tahun 2004.

Album ketiga mereka rupanya masih digawangi Warner Music Indonesia yang diproduksi pada tahun 2007 dengan nama Sssttt...!!!.

Ke"nyeleneh"an grup ini rupanya banyak menarik penggemar, banyak diantara mereka yang akhirnya menggabungkan diri dengan groupis yang disebut Kamtis.

DISKOGRAFI

*Kelas 1 (2003)
*Pejantan Tambun (2004)
*Sssttt...!!! (2007)


 Koleksi Foto Endank Soekamti

Endank Soekamti


Endank Soekamti


Endank Soekamti

Endank Soekamti

Official Website Endank Soekamti : http://www.soekamti.com/