Hasil Liga Inggris - MU vs Wigan Tadi Malam

12 April 2012


Hasil Liga Inggris - Kejutan besar terjadi di Stadion DW tadi malam pada Kamis (12/4) dinihari WIB saat Wigan secara luar biasa berhasil menghajar Manchester United 1-0 lewat gol brilian Shaun Maloney.

Kick off dimulai oleh Wigan. Memainkan formasi tidak biasa 3-4-3, para pemain Wigan secara mengejutkan langsung mendominasi permainan. Jean Beasejour dan Victor Moses menjadi motor serangan tuan rumah lewat akselerasi mereka di sisi kiri dan kanan.

Pada menit ketujuh tendangan gelandang Wigan James McArthur dari luar kotak penalti mengarah ke gawang United. Beruntung David De Gea dengan sigap mampu menepis bola.

United terlihat keteteran meladeni permainan cepat tuan rumah. Sisi kanan yang ditempati Phil Jones menjadi bulan-bulanan Moses dan Beausejour serta jadi area di mana banyak serangan-serangan Wigan dilancarkan.

Kontroversi sempat terjadi di menit ke-30 saat Wigan mampu mencetak gol lewat sundulan Moses tetapi dianulir wasit Phil Dowd karena telah terjadi pelanggaran sebelumnya. Dari tayangan ulang terlihat, bek Wigan Gary Caldwell menghalang-halangi De Gea.

Manajer Wigan Roberto Martinez tidak terima keputusan tersebut dan terus memprotes kepada ofisial keempat. Dianulirnya gol ini mempengaruhi mental para pemain Wigan yang masih belum menerima keputusan tersebut sehingga dimanfaatkan United untuk menyerang tuan rumah.

Namun, baik Wayne Rooney maupun Antonio Valencia gagal menemukan irama permainan hingga tak mampu membahayakan gawang Ali Al-Habsi. Laga pun berkesudahan 0-0 ketika jeda.

Memasuki babak kedua, Ferguson langsung mengganti Ashley Young dengan Tom Cleverley. Buruknya kinerja lini tengah United memaksa Fergie memasukkan Cleverley.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-49 saat Shaun Maloney melepaskan tendangan melengkung dari tepi kotak penalti untuk membawa Wigan unggul 1-0. Itu merupakan gol pertama Wigan ke gawang United dalam 720 menit.

Jika memenangkan pertandingan ini maka dengan tambahan tiga angkanya Wigan akan keluar dari zona degradasi. Motivasi inilah yang membuat permainan The Latics menggila.

Ketinggalan satu gol membuat United terlecut. Namun, Ferguson secara mengejutkan malah menarik keluar Wayne Rooney pada menit ke-62 dan menggantikannya dengan Nani.

United kini bermain dengan hanya satu penyerang tunggal yakni Danny Welbeck yang telah masuk lebih dulu menggantikan Chicharito. Setan Merah pun kini bermain dengan 4-3-3.

Namun, United mesti menunggu hingga menit ke-81 untuk mendapatkan peluang emas pertamanya. Tendangan mendatar Welbeck masih bisa ditepis kiper Al-Habsi.

Hingga 90 menit laga berjalan plus lima menit waktu tambahan, United seolah kehabisan akal membongkar pertahanan The Latics. Wigan akhirnya memastikan kemenangan mengesankan ini saat wasit Phil Dowd meniupkan peluit panjang.

Kekalahan ini membuat keunggulan United atas City terpangkas menjadi lima poin (79-74) karena The Citizens di waktu bersamaan sukses menang telak 4-0 saat menjamu West Brom. Sementara Wigan naik ke posisi ke-16 dengan nilai 31 angka atau unggul tiga angka dari zona degradasi.

Susunan pemain:
Wigan (3-4-3): 26-Ali Al-Habsi; 5-Caldwell (c), 3-Alcaraz, 31-Figueroa; 17-Emerson Boyce, 4-McCarthy, 16-McArthur, 22-Beausejour; 11-Moses, 9-Di Santo (21-Diame 70’) 10-Maloney (18-Sammon77’).
Cadangan: 12-Politt, 23-Ronnie Stam, , 8-Watson, 14-Jordi Gomez, 7-Albert Crusat.

Manchester United (4-4-2): 1-De Gea; 4-Phil Jones, 5-Ferdinand, 6-Evans, 3-Evra (c); 25-Valencia, 16-Carrick, 11-Giggs, 18-Young (23-Cleverley 46’); 10-Rooney (17-Nani 62’), 14-Hernandez (19-Welbeck 58’).
Cadangan: 40-Amos, 12-Smalling, 42-Pogba, 13-Park Ji-Sung.