Rider Motogp 2012 | Daftar Pembalap Motogp 2012

30 April 2012


rider motogp 2012

Motogp 2012 - Motogp 2012 mulai bergulir kembali, persaingan antar pembalap musim ini pastinya akan semakin ketat. Para Rider Motogp 2012 pada musim balap 2012 ini memiliki peluang besar dalam meraih tahta juara motogp 2012. Jika musim lalu hanya rider-rider seperti Lorenzo dan Stoner yang bersaing ketat. Musim balap motogp 2012 pada tahun ini, masih belum bisa ditebak peta kekuatan tim motogp.



Berikut ini Daftar Rider Motogp 2012 :

1. Danilo Petrucci merupakan pembalap Italia yang tahun 2012 debut di MotoGP  dengan kuda besi berspesifikasi CRT (Claiming Rule Team) bersama IodaRacing Project. Sebelumnya ia membalap di ajang World Superbike Championship (WSBK) di kelas Superstock 1000 bersama Team Pedercini Kawasaki pada tahun 2010 dan Barni Racing Team di tahun 2011 menggunakan Ducati 1198R.
 

2. Michele Pirro merupakan pembalap Italia yang tahun 2012 ini melakukan debut di kelas MotoGP bersama tim San Carlo Honda Gresini. Namun berbeda dengan rekan setimnya Álvaro Bautista yang menggunakan motor Honda RC213V, Pirro menggunakan motor CRT bermesin Honda CBR1000RR dengan sasis FTR.



3. Aleix Espargaró merupakan pembalap yang memulai karir balapnya di MotoGP Championship kelas GP125cc pada tahun 2004. Ia direkrut oleh Honda setelah menjadi pembalap termuda yang berhasil menjuarai GP125cc Spanish National Championship di tahun yang sama. Di tahun pertamanya (2005) ia berhasil menyelesaikan GP125 di urutan 16 klasemen.

4. Randy de Puniet. Pembalap kelahiran Maisons Laffitte, Perancis 29 tahun lalu itu, memang tidak memiliki trek rekor pencetak kemenangan terbanyak, namun ia mampu tampil apik di beberapa musim. 

5. Stefan Bradl merupakan pembalap muda kelahiran Augsburg, Jerman Barat (29 November 1989) yang di tahun 2012 ini naik kelas ke MotoGP bersama tim LCR Honda. Sebelumnya Bradl berlaga di ajang Moto2 Championship dengan prestasi tertinggi menjadi juara dunia Moto2 di tahun 2011.
 
6. Alvaro Bautista Pembalap yang cukup lama malang-melintang di kelas GP125 dan hanya meraih satu titel juara dunia di kelas ini, adalah Alvaro Bautista. Kendati kemampuannya cukup diperhitungkan, namun ia harus menjalani 5 musim balapan di GP125cc, untuk mampu meraih titel juara dunianya yang pertama di kelas tersebut.  

7. Hector Barbera Pembalap yang cukup beruntung mengecap nikmatnya dunia balap karena talenta besar yang dimilikinya, adalah Hector Barbera. Pembalap kelahiran Dos Aguas, Valencia, Spanyol 25 tahun lalu ini, memulai karirnya pada tahun 2002. 

8. Cul Crutchlow Nah, tahun 2012 adalah tahun kedua Crutchlow berkiprah di MotoGP. Meski belum menorehkan prestasi yang sama seperti Ben Spies, namun Crutchlow memiliki trek rekor yang lumayan menjanjikan. Penjenjangan karirnya pun cukup teratur. Memulai karir di British Super Sport bersama Honda, pembalap kelahiran Coventry, West Midlands, Inggris ini, mampu menjadi juara BSS pada tahun 2006. 

9. Colin Edwards, Salah satu pembalap veteran di kelas MotoGP dan mengalihkan fokusnya di kategori CRT (Claiming Rule Team) tahun ini adalah Colin Edwards. Lahir di Houston, Texas, Amerika 37 tahun lalu, tidak membuat Edwards merasa minder. Bahkan dengan pengalaman yang dimiliki, ia rela memperkuat tim baru di MotoGP yaitu NGM Forward Racing. 

10. Andrea Dovizioso, Salah satu pembalap asal Italia yang cukup sukses menjalani karirnya di awal-awal berkiprah di ajang balap motor dunia, adalah Andrea Dovizioso. Walaupun hanya mengantongi satu titel juara dunia di kelas GP125cc pada 2004 silam, namun kemampuan pembalap asal Italia ini cukup mumpuni. Ia mampu memberikan perlawanan besar bagi Jorge Lorenzo ketika masih berlaga di kelas GP250cc. 

11. Dani Pedrosa Memiliki postur tubuh yang kecil, ternyata bukan halangan bagi Dani Pedrosa untuk bertarung di kelas MotoGP. Bahkan dengan postur seperti itu (tinggi 1,58 meter), Pedrosa selalu mampu melakukan start lebih baik ketimbang rivalnya. Dan hal ini diakui langsung oleh Pedrosa, bahwa keunggulannya saat melakukan start adalah kelebihan yang paling unik. 

12. Casey Stoner adalah pembalap asal Australia yang dulunya memulai karir balap dari usia dibawah 9 tahun. Pembalap yang lahir di Southport, Queensland, Australia 25 tahun lalu ini, masuk ke ajang GP di kelas 125cc pada tahun 2003 silam. 
 
13. Ben Spies merupakan pembalap yang cukup fenomenal sejak ia terjun di ajang balap World Championship 2009 lalu. Saat itu ia mampu menjadi rookie terbaik sekaligus meraih titel juara dunia WSBK yang pertama. Usai meraih titel juara dunia pertama, Spies pun langsung hengkang ke ajang MotoGP bersama tim Tech3 dan kemudian melanjutkan karirnya di tim utama Yamaha tahun 2011. 
 
14.  Jorge Lorenzo adalah salah satu pembalap MotoGP yang juga cukup sukses meniti karirnya di balap motor. Pembalap yang bernama asli Jorge Lorenzo Guerrero ini, bersama tim pabrikan asal Spanyol yaitu Derbi pada tahun 2002 memulai karir di kelas Grand Prix. 


15. Nicky Hayden adalah pembalap MotoGP asal Amerika yang sudah delapan tahun malang melintang di balap MotoGP sejak tahun 2003. Pembalap kelahiran Owensboro, Kentucky USA ini, merupakan salah satu pembalap MotoGP yang juga pernah menyicipi karir di lintasan off road. Tidak heran jika ia dijuluki dengan Kentucky Kid. 

16. Valentino Rossi adalah seorang pembalap MotoGP yang berkewarganegaraan asli Italia. Lahir di Italia pada 16 Februari 1979, Valentino Rossi memiliki kehidupan yang bahagia dan sudah memiliki darah seoirang pembalap. Ayahnya Graziano Rossi, menjadi bahkan guru sepanjang awal mula karirnya di balap motor. 

Selama karirnya di ajang balap, Rossi hidup di Italia bersama keluarganya. Namun sejak ia pindah ke tim Repsol Honda, Rossi pindah ke Milan dan kemudian hengkang ke London, Inggris. Menurut kabar yang beredar, bahwa Rossi hengkang ke London untuk menghindar dari pembayaran pajak penghasilan yang menurutnya sangat tinggi di Italia. 

17. Karel Abraham, Tidak banyak yang mengenal Karel Abraham sebelum ia terjun ke ajang Moto2 tahun 2010 lalu. Walaupun tanpa sponsor kuat yang mendampingi tim privat atas namanya sendiri, namun Karel Abraham terus berkarir. 

18. Yonny Hernández merupakan pembalap Moto2 yang tahun ini naik kelas ke MotoGP bersama tim Avintia Racing. Bersama rekan setimnya Iván Silva, ia akan membalap menggunakan motor bersasis FTR dengan mesin Kawasaki ZX-10R. Sebelumnya Hernandez turun di kelas Moto2 bersama tim FTR dan menghasilkan 43 poin di urutan 19 klasemen.

19. Iván Silva merupakan pembalap senior asal Spanyol yang di tahun 2012 kembali menginjakkan kakinya ke ajang balap MotoGP. Ia merupakan pembalap MotoGP era 2006-2007 yang saat itu bernaung di bawah tim Ducati namun tak memperoleh poin sedikit pun. 
   

Itu tadi para Rider Motogp yang akan bersaing pada musim balapan motogp 2012.