Cara Mudah Menggunakan Twitter Bagi Pemula

20 September 2012

Sejak berhasil menyaingi dominasi Facebook, banyak orang beralih ke Twitter. Cara Menggunakan Twitter pun dicari oleh banyak orang karena memang konsepnya yang sedikit berbeda dari jejaring sosial yang lain. Memang perbedaannya cukup mencolok, membuat banyak orang bingung memakainya. Tapi tenang, saya akan jabarkan satu-per-satu.

Konsep Follower dan Following

Dalam cara menggunakan Twitter yang pertama ini, anda harus tau dulu apa itu follower dan following. Tidak seperti Facebook yang langsung bertemanan secara dua arah, jejaring mikroblogging ini tidak memakai konsep seperti itu. Ada konsep yang dinamakan “mengikuti”. Jadi anda menerima semua update yang dibuatnya, tetapi kalau dia tidak “mengikuti” anda, dia tidak menerima update dari anda. Semakin banyak follower anda, semakin banyak orang yang menerima update dari akun Twitter anda. 
menggunakan twitter

Mention

Ini juga istilah yang perlu saya bahas dalam Cara Menggunakan Twitter. Apa yang dimaksud dengan mention? Itu adalah saat orang lain memasukkan username anda dalam updatenya. Misalnya akun anda adalah “AndiMallarangeng” maka saat dia memasukkan “@AndiMallarangeng” dalam statusnya, anda menerima mensyen. Anda juga bisa me-mention orang dengan memasukkan usernamenya dan didahului dengan “@”. Nanti dia akan mendapatkan notifikasi anda telah melakukan mensyen kepada dia. Itulah cara menggunakan fitur yang satu ini. Sebelumnya lihat juga cara daftar Twitter.

Direct Message

Ini adalah cara untuk bertukar pesan namun hanya anda dan si penerima yang bisa membacanya. Tidak seperti mention tadi yang bisa dibaca semua orang, pesan ini khusus 2 orang saja. Menggunakan Twitter untuk fungsi ini mudah, anda dan si penerima cukup saling “follow” dan anda sudah bisa DM. Ya, harus saling mengikuti. Itulah penjelasan dari cara menggunakan Twitter untuk fitur satu ini.

Retweet

Ini adalah salah satu ciri khas dari Twitter. Apakah yang dimaksud dengan retweet? Saat orang lain melakukan update status, anda punya cara untuk membagikannya lagi kepada follower anda. Caranya adalah retweet tadi. Bukan copy paste, namun dia tetap tercantum sebagai penulis asli, namun dibagikan melalui akun anda. Biasanya dimulai dengan “RT”. Sebagai contoh: “RT @geraeldo: Hidup itu enak kalau makan terus”. Cara menggunakan Twitter ini mudah untuk berbagi informasi secara cepat.

Menggunakan Software Client

Tidak melulu memakai Twitter.com sebagai cara menggunakan Twitter. Anda bisa mengaksesnya melalui client-client yang bisa anda dapatkan secara gratis. Untuk pengguna desktop, saya anjurkan: Hotot, Tweetdeck, dan Hootsuite. Sementara untuk pengguna mobile phone, anda bisa menggunakan app: SocialScope (recommended), UberSocial, Twicca, Tweetbot, dll.
Mudah-mudahan bisa bermanfaat, ohh iya follow juga yaa @waloetz

1 komentar:

  1. saya baru agak ngerti pas baca di sini,,udah punya twitter dari dulu tapi gak pernah di pake karena gak bisa,,kalau mau balas tapi pake RT itu gimana bang?

    BalasHapus