Menjaga dan Merawat Kesehatan Rambut Panjang Anda

15 Juli 2012



Apakah Anda memperhatikan ujung rambut yang bercabang, berkerut, dan menipis serta kusam? Tidak mengherankan. “Rambut panjang sering rusak hanya karena sudah terlalu lama panjang dan mengalami keausan dan keusangan sehari-hari dari penataan rambut dan lingkungan,” kata penata rambut selebriti, Corey Powell. Lagi pula, rambut yang tergerai hingga bahu dan bagian tubuh di bawah bahu mungkin berusia sekurangnya lima tahun. Untungnya, rambut panjang Anda masih bisa tampak berseri bagaikan remaja dengan tips sederhana dan tidak merepotkan ini.

Sering Memangkas Rambut
Satu-satunya perawatan yang berhasil untuk mengatasi rambut bercabang adalah sepasang gunting tajam. Meskipun produk perawatan rambut tertentu dapat menyatukan rambut yang bercabang untuk sementara, namun ini hanya tahan sampai Anda mencuci rambut. Dan jika dibiarkan, rambut bercabang ini dapat membelah lebih jauh hingga ke poros rambut. “Minta penata rambut Anda untuk menggunting seperempat inci atau kurang, setiap enam hingga delapan minggu,” saran penata rambut, Mario Russo. Setelah memangkas, gunakan krim pelindung yang tidak perlu dibilas untuk mencegah rambut bercabang terulang lagi dengan begitu sering.

Waspadai Matahari
Tekanan oksidatif dari matahari dapat memudarkan warna dan membuat rambut menjadi kering dan kusam, Russo memperingatkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa rambut lebih rentan terhadap kerusakan akibat matahari pada iklim sangat kering maupun iklim sangat lembap, khususnya ketika musim hujan. “Di rumah atau saat berlibur, jangan membiarkan rambut Anda terpanggang kering oleh sinar matahari setelah berenang,”kata Powell,“ dan pakai skarf yang gaya atau topi untuk melindunginya ketika terkena matahari untuk waktu yang lama.”

Berinvestasi dalam Beberapa Peralatan Rambut
Apabila berinvestasi dalam produk rambut, ini akan membantu menjaga kekuatan rambut panjang Anda:
  • Sikat bulu babi hutan alami. Seratnya adalah yang terbaik untuk mendistribusikan minyak alami yang menjaga kondisi rambut Anda hingga ke porosnya.
  • Sisir gerigi lebar. Ini lebih lembut daripada sikat ketika rambut Anda basah dan kondisinya paling lemah.
  • Handuk serat mikro yang dibuat untuk rambut panjang. Ini mengibaskan air dari rambut sehingga Anda dapat lebih cepat dan mudah mengeringkan di udara.
Kondisi
Gunakan kondisioner instan setiap kali sesudah menggunakan sampo. Ini akan mengurangi gesekan antara rambut sehingga tidak banyak rambut yang saling membelit. Oleskan deep conditioner selama 15 menit setiap beberapa minggu (lebih sering untuk rambut kasar), kemudian balut kepala Anda dengan handuk agar kondisioner lebih cepat meresap. “Helai rambut yang berjurai dan keriting bagaikan bunga yang mekar, jadi Anda memerlukan kondisioner yang dapat tembus sehingga benar-benar masuk ke dalam poros bagian dalam untuk menghaluskannya,” kata Russo.

Dasar-Dasar Penataan Rambut
Merawat rambut Anda (sesering mungkin) seperti yang dilakukan peragawati dalam waktu senggangnya, dan jangan gunakan blow dryer, curling iron (setrika pengeriting rambut), rol rambut panas, dan flat iron (setrika pelurus rambut). “Gunakan peralatan panas paling banyak tiga kali seminggu jika memang Anda harus menggunakannya,” kata Russo. “Dan selalu gunakan produk pelindung panas jika menggunakan peralatan tersebut.” Agar rambut mekar lebih lama, tidurlah pada sarung bantal sutra: Seratnya yang licin tidak membuat kutikula rambut menjadi kasar.


0 komentar:

Posting Komentar