5 Hal Yang Paling Disesali Ketika Sudah Bercerai

6 Agustus 2012

perceraian
PERCERAIAN merupakan salah satu hal paling tidak diinginkan setiap pasangan. Yuk, simak lima penyesalan yang dirasakan oleh pasangan bercerai.

Ternyata, hampir semua pasangan memiliki penyesalan yang mereka rasakan saat bercerai. Hal ini telah dibuktikan oleh psikolog dari Universitas Michigan, Dr Terri Orbuch. Orburch mengumpulkan data dari 373 pasangan (46 persen diantaranya bercerai) pada tahun pertama pernikahan mereka. Ternyata, dia menemukan bahwa sebagian besar pasangan mengalami penyesalan yang sama dalam pernikahannya.

Berikut ini lima penyesalan yang dirasakan pasangan bercerai, seperti dilansir Shine.


Tunjukkan cinta dan kasih sayang

Hal kecil seperti memuji pasangan, mengucapkan cinta, atau menggenggam tangan akan sangat berarti dalam hubungan. Hal paling penting untuk menujukkan kasih sayang ialah mengatakan cinta, memberi dukungan, dan membuat pasangan dapat menerima dirinya sendiri.

Uang

Uang merupakan salah satu problem utama dalam pernikahan. “Bicarakan kondisi keuangan, tak hanya saat membayar pajak, namun ketika Anda memiliki hutang dan tagihan datang,” kata Dr Orbuch.

Tinggalkan masa lalu

Dr Orbuch percaya bahwa untuk terhubung dengan baik, Anda perlu meninggalkan masa lalu. “Ini termasuk meninggalkan rasa cemburu berlebihan, rasa tidak suka pada mertua, atau trauma masa kecil yang membuat Anda sulit percaya,” sambungnya. Tuliskan bagaimana perasaan Anda pada diary, bicarakan pada sahabat atau terapis.

Jangan saling menyalahkan

 Mintalah pendapat pasangan pada sebuah masalah. “Ada beberapa cara pandang bagi sebuah masalah,” tutur Dr Orbuch. “Dengan meminta sudut pandangnya dan menggabungkan hal tersebut dengan perspektif Anda, sebuah hubungan akan menjadi lebih kuat.

Komunikasi

Sebanyak 41 persen responden mengatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah hal pertama yang mereka inginkan dalam hubungan. Dr Orbuch yakin dengan aktif mendengar, pasangan dapat menjaga kokohnya sebuah hubungan

0 komentar:

Posting Komentar