EKSIS NGEBLOGG BERSAMA AXIS

13 Maret 2012

Apa Itu Internet ?
Internet (interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Tak dapat dipungkiri jika pada masa modern sekarang ini, Internet sudah menjadi sahabat bagi siapapun. Seperti pengertian Internet itu sendiri, dengan Internet segala apapun yang kita cari hampir selalu tersedia. Dengan bantuan mesin pencari nomor satu didunia Google, seluruh masyarakat didunia tak terkecuali saya sendiri memanfaatkan Internet sebagai orang ketiga yang mampu memberikan baik itu informasi terbaru, ilmu, dan juga sebagai perantara bagi yang ingin menggeluti bisnis online.  

Pengaruh Internet ?
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem. Dan siapa sangka, saya yang juga mulai merambah dunia Internet untuk aktivitas ngeblog, mulai belajar memanfaatkan Internet sebagai sarana untuk mencari uang sampingan.

Pengguna Internet di Indonesia

Berapa Pengguna Internet di Indonesia ?
Pengguna Internet di Indonesia hingga saat ini mencapai 48 juta orang dan diprediksi pada 2015 akan terjadi lonjakan menjadi 100 juta pengguna. Angka yang luar biasa, seperti data yang sudah dipaparkan oleh Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut. 

Dan yang lebih mengaggumkan, khusus pengguna Internet wilayah Jakarta, ditetapkan sebagai pengguna Internet dan Twitter terbesar di Asia. Dari tingkat pengguna yang kian hari semakin bertambah, tentunya pasti ada hal postiv dan negativ baik itu dari segi ekonomi maupun pengetahuan masyarakat itu sendiri.


Mengenal Blog
Ngeblog adalah aktivitas keharian saya sekarang, hampir tiap hari saya online dan duduk manis depan pc untuk blogging sembari blogwalking ke teman-teman bloger yang lain. Banyak hal positiv yang dapat saya ambil dari aktivitas ngeblog ini. Menambah teman dari para blogger, ilmu dan wawasan, berita terupdate, ilmu-ilmu tentang blogging dan masih banyak lagi.

Kegiatan kuliah yang semakin padat, karena pada semester ini saya mulai menggarap skripsi. Pastinya waktu untuk ngeblogg pun akan saya kurangi untuk sementara waktu.  Ada banyak cara kita menuangkan unek-unek, tulisan ataupun ide-ide menarik yang dapat langsung kita publish di blog kita. 


Dan lagi-lagi Google lewat App barunya mempermudah para blogger khususnya pengguna platform blogspot, untuk dapat lebih mudah memposting sesuatu hanya lewat ponsel genggam. Bersama A X I S akhirnya menjawab keraguan saya apakah ngeblogg bisa dilakukan dengan ponsel smartphone saya sekarang. Aktivitas ngeblog saya pun bisa terus eksis langsung melalui ponsel smartphone Android. Walaupun sekarang pikiran saya semua akan terfokuskan pada skripsi saya, Insya Allah bersama AXIS saya bisa Internet dan ngeblogg sesuka hati. Sobat blogger juga bisa langsung mendownload aplikasi untuk ngeblogg di ponsel. Karena saya menggunakan ponsel Android, jadi aplikasi ini diperuntukkan hanya untuk pengguna ponsel Android. Silahkan download aplikasinya disini. Banyak fitur-fitur yang bisa kita dapatkan antara lain :


Beberapa fitur utama yang bisa kita dapatkan dari Aplikasi Ngeblogg dengan Android :


1. Attach Foto Selagi Nulis 
Tampilan Ngeblog di Ponsel Android
Sobat bisa mengambil foto melalui kamera di ponsel Android untuk dimasukkan pada postingan. Sembari sobat menulis draft, aktifkan saja kamera untuk mengambil gambar pendukung tulisan. Bisa juga mengambil foto dari galery untuk dumasukkan dalam postingan. 


2. Menambahkan ‘Current Location’
Dengan fitur GPS yang ada di ponsel Android, sobat bisa memberi tahu pembaca blogg dimana sobat menulis postingan itu. Tinggal pilih ‘Your Current Location’ tanpa harus mencari/mengetik lokasi. (fitur yang unik menurut saya)





 
3. Share to Blogger
Share video, produk, foto, link dan hal-hal menarik lain menggunakan ‘share button’. Button ini ada di tiap aplikasi termasuk Google Maps for Mobile, Youtube juga web browser. Setelah sebuah item ter-share di Blogger, maka item itu secara otomatis akan dimasukkan pada new post. Setelahnya tinggal tulis apa yang sobat inginkan.




4. Bekerja Dengan Lebih Dari Satu Akun Blogger
Jika sobat memiliki akun Blogger lebih dari satu, sobat-pun bisa berpindah dari akun satu ke akun yang lain. Tab saja tanda panah berwarna oranye yang terdapat di sebelah judul blog. Dengan cara itu sobat bisa menambahkan artikel pada tiap-tiap blog yang sobat punya tanpa harus sign-out dan sign-in berkali-kali.






5. Mengecek Postingan dan Draft
Untuk melihat apa saja yang telah sobat publish dan apa saja yang masih ada dalam folder draft, sobat bisa tap pada list icon yang terletak dibagian pojok kanan atas Blogger app.

*Perbesar gambar: Klik Kanan Open new tab.









Ngeblogg dengan ponsel banyak membantu saya, apalagi untuk menulis sebuah postingan kadang ide untuk menulis datang secara tiba-tiba.  Artinya, untuk mengungkapkan suatu ide dan gagasan melalui tulisan di media online seperti blog pribadi di blogspot sebenarnya tidaklah harus mengandalkan sebuah PC/laptop.  



Selain dengan menggunakan aplikasi di atas, kita juga bisa dengan mudah eksis ngeblogg hanya dengan sms. Nah jika sobat tidak mau repot-repot pakai aplikasi diatas, sobat bisa ngeblogg hanya dengan kirim pesan SMS. Cara ini saya anggap lebih simpel, karena tidak memerlukan jaringan Internet sama sekali. Sobat hanya perlu mengirim pesan teks dan konten apa yang ingin dipublish. 

Trik ini bisa menggunakan layanan http://ping.fm, sebelumnya sobat bisa daftar dulu. Pergi ke dashboard > services / tools dan pilih SMS/Text Messaging, kemudian verifikasi nomor ponsel anda melalu intruksi yang diberikan. Untuk memposting artikel anda bisa mengirim ke nomor +447786208201 dan otomatis konten akan terpublish setelah report SMS terkirim.

Mulai mengenal blog sekitar 2 tahun yang lalu, ketika ada tugas dari dosen untuk memposting tugas lewat blogg. Dan alhamdulillah sampai sekarang saya cukup eksis untuk merawat blogg yang sangat sederhana ini. Ada beberapa tips yang saya coba terapkan agar tetap eksis ngeblogg, berikut ini tips alakadar dari saya  semoga bisa bermanfaat :



TIPS EKSIS NGEBLOGG

1. Blog sebagai sahabat.
Jadikan blog sobat sebagai sahabat yang selalu ada dimanapun dan kapanpun. Jadikan blog sebagai tempat sobat menuangkan segala unek-unek yang ada dalam benak sobat. Sebagai tempat curhat yang bisa melampiaskan keadaan suasana hati sobat, baik itu lagi sedih, bahagia, kecewa, ataupun sakit hati :) . Dengan kata lain juga, blog sebagai buku diary/harian.

2.  Tulis Postingan Yang Sobat Suka
Terkadang sulit agar menuangkan segala perasaan yang akan kita share ke publik. Terkhusus itu adalah masalah pribadi yang tidak seharusnya untuk diketahui orang banyak. Tulis postingan yang sesuai dan yang sobat suka, insya allah tulisan sobat bisa dihargai orang lain.

3. Alexa, Page Rank, dan Komentar Jangan dijadikan Patokan
Hal yang sering juga membuat saya merasa malas untuk ngeblogg. Patokan kesuksesan seseorang dalam aktivitas ngeblogg bukan dari rangking alexa yang ramping, page rank yang tinggi, atau pun jumlah komentar pada tiap posting. Menurut saya blog yang sukses, itu bisa memberikan manfaat bagi orang lain, atau juga bisa memberikan motivasi kepada semua orang. Meskipun alexa, page rank dan jumlah komentar bisa juga membuat kita termotivasi untuk terus eksis ngeblogg.

4. Mengalir Seperti Air
Semakin lama sobat ngeblogg pasti akan semakin dikenal orang banyak blogg sobat. Perhatikan saja blogg-blogg yang sudah memiliki traffic tinggi, apakah mereka ngeblogg hanya butuh waktu 2/3 bulan. Jangan pernah melihat ke atas, artinya tidak ada orang yang sukses menggapai impian dengan sekejap saja.

5. Blogg Motivasi dan inspirasi
Sebagai seorang blogger, kita pasti akan tau arti dari blogwalking. Berkunjung ke sesama blogger lain, jangan jadikan blogg tetangga kita sebagai saingan. Carilah blogg yang memiliki nilai lebih yang bisa sobat jadikan inspirasi dan motivasi. Berkunjunglah secara berkala, lihat apa yang menjadi nilai lebih dari blogg tersebut. Ambil sisi positiv dari blogg tersebut, baik itu cara menulis/tutur bahasa, ilmu yang dishare, atau pun hal lain yang bisa sobat jadikan inspirasi dan motivasi. Dan alhamdulillah, saya juga sangat menerapkan poin no 5 ini untuk terus tetap eksis ngeblogg. Ada beberapa blogg yang menjadi inspirasi saya, antara lain :
   - Bang Iwan Amriawan.blogspot.com
   - Bang Munir smp3lembang.blogspot.com
   - Denaihati  denaihati.com
   - Bang Ayead tergaptek.com Ketua Blogger Banua :) 
   - Teman-teman Blogger Banua Kalimantan Selatan 
   - dll. yang tak bisa saya sebutkan satu-satu.

6. Ikutan Kontes Blog
Jika berbicara tentang kontes, saya memang masih baru belajar memulai. Baik itu kontes SEO atau kontes menulis seperti yang sekarang diadakan oleh AXIS. Ambil nilai postiv dari kontes tersebut, jangan selalu berharap akan menang. Belajarlah dari pengalaman, apa yang telah sobat ikuti dari kontes blogg tersebut bisa dijadikan pengalaman berharga bahwa blogg sobat juga "Bisa".

7. STOP DREAMING START ACTION :)


Curhat :(
Kadang ada sisi negativ penilaian orang tentang para blogger, kata-kata yang sedikit pedas hampir selalu datang. Kata-kata itu adalah 'hampir semua blogger itu tulisannya copas'. Dan parahnya lagi, kata itu datang dari teman-teman terdekat saya :( (but it made ​​my motivation). Pertanyaan dan pendapat yang juga sering muncul dari beberapa teman-teman saya yang lain :
     - Apa untungnya sih ngeblog ?
     - Buang-buang waktu, mending facebook an sambil chatting.
     - Apa yang sudah didapatkan selama kamu ngeblog ?
     - Katanya ngeblogg bisa menghasilkan uang, benar ya ?
     - Berapa penghasilan selama kamu ngeblog ?
     - Ga ada untungnya ngeblog
     - Mending bisnis MLM bro dari pada ngeblog. 


But it's up to you friends, mungkin butuh waktu untuk menjawab pertanyaan dan pendapat dari teman-teman saya. Kalau bicara penghasilan, blog ini masih belum bisa bicara banyak. Yang pasti ngeblog itu menyenangkan bagi saya, dan hal ini yang saya cari dari aktivitas ngeblog saya :

1. Mencoba Menatap Dunia - Memanfaatkan internet dan dunia maya agar tidak ketinggalan jaman akan tekhnologi. Dengan kata lain, ngeblog juga bisa membuat meramaikan pesta tekhnologi internet.
2. Share Berita Terbaru - Hampir berita-berita terbaru yang selalu update itu berasal dari blog, sambil saya juga mendapatkan berita terbaru kemudian saya berbagi kepada teman-teman yang lain.
3.  Share Ilmu dan Pengalaman - Apa yang saya ketahui saya coba share lagi.
4. Menjalin Silaturrahmi - Selain menambah banyak teman, saya juga bisa saling berbagi dengan teman-teman blogger yang lain.
5. Penghasilan lewat ngeblog - Walaupun sampai saat ini belum tercapai, tapi ini juga yang membuat saya semakin termotivasi untuk ngeblog.


AXIS "EMANG JUJUR PILIHANKU"

Alhamdulillah, diera globalisasi dan modern ini penyedia jasa internet khususnya di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Semakin menjamurnya Jasa Penyedia Internet yang ada di Indonesia, layanan dari tiap masing-masing Jasa Penyedia Internet pun berbeda-beda dengan keunggulanya masing-masing (Baca: Jasa Penyedia Internet di Indonesia). Jasa Penyedia Operator Seluler pun seakan tidak mau kalah untuk berlomba memikat setiap hati pelanggannya. 



Jika dulu saya hanya bisa Internetan dengan akses melalui komputer, PC/laptop. Tapi sekarang saya bisa terus eksis berinternet dengan hanphone/smartphone bebas hambatan bersama AXIS. Jasa Operator Seluler dari AXIS membuat saya kian hari kian eksis menjelajah dunia maya baik itu ngeblog, facebook, twitter an, dan ngaskus bersama AXIS. 

Jujur saya orang yang penasaran dan mudah termakan iklan yang sering muncul di TV apalagi dengan promo-promo yang menggiurkan. Seakan termakan iklan AXIS yang menurut saya lumayan kocak "Internetan Untuk Rakyat", dan yang terbaru ini iklan seseorang yang pergi ke dukun yang meminta agar bisa hemat internetan :) . Awalnya hanya coba-coba menggunakan layanan Internet dari AXIS, ternyata bukan hanya akses Internet yang cepat tapi juga "EMANG JUJUUR MURAHNYA"




TERIMA KASIH AXIS

Semua aktivitas Internet saya sekarang bisa lancar berkat layanan Operator Selular AXIS yang telah saya percaya. Banyak hal yang telah saya lalui bersama AXIS, sudah saatnya sekarang sobat menggunakan layanan Internet dari AXIS. 







NB: Postingan ini saya ikut sertakan dalam kontes "Blog Writing Competition" dari AXIS. Sobat bisa juga ikut berpartisipasi untuk mengikuti kontes blog ini.
Salam





Referensi tulisan :
http://www.axisworld.co.id 
http://axis.operatorseluler.com
http://google.com
http://www.facebook.com/DuniaAXIS


0 komentar:

Posting Komentar

 
banner